mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Manfaat Bawang Dayak / Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan | Jika berbicara mengenai bawang, yang terlintas pastilah bahan untuk menyedapkan masakan. Meski demikian, di Indonesia sendiri terkenal akan adanya tanaman bawang dayak yang memiliki beragam manfaat. Pada dasarnya bawang dayak memang tak berkerabat dengan bawang merah. Bawang dayak merupakan anggota famili Iridaceae, sedangkan bawang merah merupakan anggota famili Liliaceae.

manfaat bawang dayak untuk kesehatanMemiliki nama lain yang cukup banyak memang membuktikan bahwa bawang dayak juga memiliki banyak manfaat. Sebutan lain seperti bawang berlian, bawang sabrang, bawang tiwai atau bawang kapal kerap dipakai oleh masyarakat. Asal usul bawang dayak sendiri kerap erat dikaitkan dengan Kalimantan, padahal asal sesungguhnya tanaman ini adalah dari benua Amerika. Meski demikian, kepopuleran bawang dayak memang berasal dari Kalimantan karena masyarakat lokalnya telah memanfaakan selama berpuluh tahun lalu.

Bawang dayak di Kalimantan banyak digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya manjur. Manfaat bawang dayak untuk kesehatan terbukti dari sederet penyakit umum seperti sembelit, sulit buang air kecil, radang usus, disentri, luka, bisul, muntah, hingga penyakit kuning dapat disembuhkan. Tak hanya itu, penyakit kronis seperti kanker payudaya, diabetes, hingga hipertensi juga dapat mengharapkan keajaiban tanaman herbal satu ini.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan: Sebagai Antikanker

Kanker payudara menjadi ancaman sebagai penyakit paling mematikan bagi perempuan. Penyebab kanker itu adalah karena anomali pertumbuhan sel di jaringan payudara. Untuk mendeteksi pemicunya pun hingga saat ini terbilang sangat beragam. Mulai dari faktor genetik, hormon, hingga radiasi bisa memicu pembelahan sel yang tidak terkendali sehingga menyebabkan kanker payudara. Kesalahan terbesar pandangan mengenai kanker payudara adalah penyakit ini hanya menjangkiti perempuan, padahal pria pun dapat mengalaminya.

Dalam penanganannya, kanker payudara terbilang sangat sulit. Bukan hanya kendala biaya, namun kesiapan mental penderita (khususnya wanita) untuk merelakan payudaranya sangat diperlukan. Namun, masalah tersebut perlahan dapat di atasi dengan pemanfaatan bawang dayak sebagai obat herbal.

Pemanfaatan tanaman herbal tersebut didukung dengan riset-riset terkini mengenai khasiatnya sebagai antikanker. Dalam Plant Resources of South East Asia tahun 1999, de Padua dkk mengutarakan kandungan fenolik sederhana tanin, quinines, dan antosianin dalam bawang dayak merupakan senyawa yang memiliki efek positif terhadap pengobatan kanker.

Selain itu, Sebuah studi yang dilakukan oleh Vita Permanasari, Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM menghasilkan fakta bahwa ekstrak bawang dayak memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel kanker darah manusia.

Kanker rahim yang merupakan ancaman lain bagi wanita juga dapat disembuhkan dengan bawang dayak. Hal tersebut terbukti dari sebuah riset ilmiah yang dilakukan oleh Himawan Budityastomo dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Hasil dari riset tersebut adalah ekstrak bawang dayak dapat menurunkan tingkat ekspresi cyclin-E sel kanker rahim manusia. Turunnya aktivitas cyclin-E menyebabkan terjadinya apoptosis atau kematian sel kanker.

Sementara itu, menurut peneliti di Department of Natural Drugs, University of Veterinary and Pharmaceutical Sciences, Republik Ceko, Petr Babula mengungkapkan naphtokuinones dalam bawang dayak merupakan senyawa yang berperan sebagai agen antikanker.

Manfaat Bawang Dayak  Bagi Penderita Diabetes

Di samping kanker, terdapat penyakit mematikan lainnya yakni diabetes. Diabetes terkenal sebagai penyakit jangka panjang yang sulit disembuhkan. Kesulitan menghadapi diabetes juga karena penyakit ini kerap dapat menyebabkan komplikasi. Namun, dengan munculnya bawang dayak yang diketahui dapat menyembuhkan berbagai penyakit, memunculkan harapan bagi penderita diabetes.

Seperti yang diceritakan pada majalah Trubus oleh seorang pemuda dari Maluku. Pemuda tersebut pernah mengalami kadar gula darah yang mencapai 600 mg/dl. Demi kembali ke keadaan normal, ia harus disuntik insulin setiap hari. Namun, pemuda tersebut mencoba tanaman herbal yakni bawang dayak yang telah berupa kapsul. Sejak mengkonsumsi kapsul bawnag dayak, dosis insulinnya jauh berkurang. Meski demikian, ia mendapati kadar gula darahnya stabil, bahkan lebih rendah daripada biasanya.

Manfaat bawang dayak untuk kesehatan khususnya diabetes semakin dibuktikan dengan pernyataan para pakar, salah satunya dari Dr Sukrasno. Farmakolog dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung itu menyebutkan bawang berlian mengandung senyawa aktif eleutherine dan antosianin. Uniknya, Eleutherine senyawa khas milik bawang berlian, tidak ditemukan di tanaman lain. Di sisi lain, sebagaimana disebut oleh Prof Dr Sidik Apt, guru besar emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, bawang dayak memiliki kandungan alisin yang bermanfaat menurunkan tekanan darah dan mengencerkan darah.

Menyembuhkan Penyakit Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat merupakan kelenjar kelamin pria yang memproduksi cairan sperma. Ada pun ukurannya tak lebih dari sebesar biji kemiri. Posisi kelenjar prostat yakni berada di bawah kandung kemih mengelilingi pangkal saluran kemih atau uretra. Prostat yang membengkak atau hiperplasia menyebabkan tekanan pada uretra alias saluran kemih. Karena hal itu, urine akan sulit keluar.

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan pembengkakan prostat, salah satunya adanya perubahan hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT) dengan bantuan enzim 5 alfa reduktase. DHT tersebut yang merangsang pertumbuhan sel-sel prostat tak terkendali.

Selain perubahan hormon, tidak seimbangnya hormon estrogen-testosteron juga menjadi penyebab lain. Hal ini dikarenakan semakin tua usia seseorang, hormon testosteron menurun, sementara hormon estrogen tetap. Kondisi yang tidak seimbang itu menyebabkan sel-sel prostat baru menurun, tetapi berumur lebih panjang sehingga prostat pun membesar.

Hiperplasia dapat disembuhkan dengan mengosumsi rebusan bawang dayak secara rutin. Caranya adalah dengan mengiris 5iga siung besar atau enam siung kecil bawang dayak segar. Rebuslah bersamaan dengan dua gelas air. Setelah mendidih dan tersisa segelas, saringlah ramuan tersebut sebelum dingin. Konsumsi dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Meski khasiat bawang dayak untuk mengatasi pembengkakan prostat belum ada, pengalaman beberapa penderita yang sembuh telah menyebar. Di sisi lain, Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi menuturkan bawang dayak memiliki efek antiinflamasi atau antiperadangan. Ada pun khasiat antiinflamasi mendekati fenilbutazon-obat antiradang yang umum digunakan.

Mengatasi Maag

Tak hanya penyakit kronis, manfaat bawang dayak untuk kesehatan juga dapat diterapkan sehari-hari, misalnya saja bagi Anda yang memiliki penyakit maag. Meski demikian, konsumsi bawang dayak bagi penderita maag perlu hati-hati karena pada umumnya penderita memiliki perut yang sensitif.

Untuk itu, herbalis dari Tangerang, Lukas Tersono Adi menganjurkan untuk menambahkan kayu manis Cinnamomum zaylanicum saat akan mengkonsumsi bawang dayak. “Kayu manis menetralisir asam lambung yang terlalu tinggi,” tutur Lukas Tersono Adi.

Itulah beberapa manfaat bawang dayak untuk kesehatan.. Hal utama yang diperhatikan saat memanfaatkan tanaman herbal adalah mengkonsumsinya secara rutin, agar khasiatnya dapat segera terasa. Selain itu, Anda juga dapat mulai mengelola kebun Anda dengan menanam berbagai tanaman herbal, salah satunya bawang yang memiliki banyak manfaat, tak lain dan tak bukan adalah bawang dayak. Karena segala hal yang bersifat alami lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda

Check Also

Manfaat Bawang Dayak, Inilah Fakta Menarik yang Harus Diketahui

Manfaat Bawang Dayak, Inilah Fakta Menarik yang Harus Diketahui – Umbi kecil berwarna merah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.