mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Secara Ilmiah

Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Secara Ilmiah

Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Secara IlmiahMuhammad Insanu dan dua orang peneliti ITB pernah mengadakan penelitian mengenai khasiat bawang dayak untuk kesehatan. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Internasional melalui tulisan berjudul Recent Studies on Phytochemicals and Pharmacological Effects of Eleutherine americana Merr.

Menurut hasil penelitian tersebut, bawang dayak ternyata memiliki kandungan anti bakteri yang baik. Ekstrak etanol bawang dayak dapat menghambat beberapa bakteri. Itulah mengapa, bawang dayak banyak digunakan untuk penyembuhan luka.

Bawang dayak juga mengandung anti inflamasi. Seperti diketahui, anti inflamasi adalah obat yang dapat menghilangkan radang yang disebabkan bukan karena mikroorganisme (non infeksi). Gejala inflamasi biasanya disertai dengan gejala panas, kemerahan, bengkak, dan nyeri/sakit.

Kandungan antivirus juga ditemukan pada umbi khas Kalimantan ini. Kandungan lainnya adalah Anti Hypertensi, antidiabetic, Antidermatophyte, dan antimelanogenesis.

Bawang Dayak yang secara ilmiah sering disebut juga E.bulbosa ini merupakan tanaman obat yang tumbuh 600-2000 meter diatas permukaan laut. Biasanya tanaman ini tumbuh pada tanah yang kaya dengan sulphur. Tanaman tropis asli Amerika ini, selain bisa dijumpai di Indonesia, banyak ditemukan juga di Pulau Hainan (China Selatan), Thailand dan juga Afrika Selatan.

Inilah Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Masyarakat Dayak sejak zaman dahulu memanfaatkan bawang dayak untuk pengobatan tradisional. Khasiat bawang dayak untuk kesehatan digunakan untuk pengobatan diabetes, kanker payudara, stroke, hipertensi, demam, dan hidung tersumbat pada anak-anak. Selain itu, bawang dayak juga digunakan untuk mengobati muntah, penyembuhan luka, mengobati difungsi koroner, memperlancar dan menambah ASI dan juga untuk disfungsi seksual

Cara Konsumsi Bawang Dayak Untuk Pengobatan

Menurut beberapa referensi, cara mengonsumsi bawang dayak adalah dengan meminum air rebusannya. Selain itu bisa juga dengan merendam atau menyeduh di air panas.

Jika diminum, air rebusan bawang dayak berasa agak pahit dengan aroma mirip kacang tanah. Itulah sebabnya walau namanya bawang, tetapi bawang dayak sangan berbeda rasa dan aromanya dengan bawang merah untuk bumbu dapur yang memiliki bau menyengat.

Cara Budidaya Bawang Dayak

Bawang dayak (Eleutherine americana) bisa dibudidayakan di daerah dataran tinggi maupun rendah. Sama seperti jenis bawang-bawangan pada umumnya, bawang dayak juga dikembangkan dari umbi.

Sebenarnya bawang dayak bisa tumbuh walau hanya diletakkan begitu saja di tanah. Karena sejatinya tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh liar di alam dan tahan terhadap hama. Namun tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu dibudidayakan secara serius sesua dengani ilmu pertanian pada umumnya.

Sama seperti budidaya bawang merah, lahan untuk menanam bawang dayak juga perlu dibuatkan bedengan supaya akar dan umbinya tidak tergenang air dan menjadi busuk. Karena itu, biasanya tanaman ini tumbuh subur dan lebih maksimal ditanam saat musim kemarau.

Check Also

khasiat bawang dayak

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat bawang dayak memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya sudah banyak penelitian yang menunjukkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.