mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan Tubuh

khasiat bawang dayakKhasiat bawang dayak memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bawang dayak memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bawang dayak mengandung senyawa aktif yang terbilang sangat lengkap sehingga tidak mengherankan jika memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan yang ada di dalam bawang dayak diantaranya adalah alkaloid, flavonoid, steroid, fenolik, glikosida, saponin, tanin dan masih banyak lagi

Khasiat Bawang Dayak Bagi Tubuh

Bawang Dayak memiliki nama latin Eleutherine Americana. Bawang jenis ini banyak ditemukan di dalam hutan Kalimantan. Tanaman ini seringkali dijadikan sebagai obat tradisional untuk masyarakat setempat. Sayangnya, masih banyak masyarakat luar Kalimantan yang belum terlalu mengenal bawang dayak dan khasiatnya. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas terkait dengan khasiat bawang dayak untuk kesehatan.

1. Mengobati Flu

Khasiat yang pertama adalah mengobati flu. Banyak suku Dayak di Kalimantan yang memanfaatkan khasiat bawang dayak ini sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit flu. Pasalnya bawang dayak mengandung senyawa antibakteri yang sangat tinggi dan efektif dalam menghambat berbagai macam bakteri penyebab flu.

2. Mengobati penyakit amandel

Khasiat bawang dayak yang kedua adalah mengobati penyakit amandel. Radang amandel adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun terdengar sepele, penyakit ini bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan. Karena jika semakin besar, maka penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya sulit menelan makanan. Salah satu obat herbal yang bisa mengobati penyakit amandel adalah bawang dayak. Pasalnya bawang ini mengandung senyawa antiinflamasi yang mampu mengatasi peradangan pada amandel.

3. Mengobati Penyakit Hepatitis dan hipertensi

Khasiat bawang dayak selanjutnya adalah mengobati penyakit hepatitis. Tak hanya mampu mengatasi penyakit hepatitis ringan, bawang dayak juga berkhasiat untuk mengobati penyakit hepatitis yang kronis seperti penyakit kuning. Khasiatnya ini bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof Dr Sidik Apt selaku guru besar emiritus dari Fakultas Farmasi di Universitas Padjajaran, diketahui bahwa bawang dayak memiliki kandungan alisin. Alisin adalah senyawa yang berfungsi untuk menurunkan kekentalan darah dan tekanan darah sehingga sangat baik untuk mengobati hepatitis sekaligus hipertensi.

4. Mencegah Tumor dan Kanker

Penyakit tumor dan juga kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Pasalnya penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Di Indonesia sendiri, ada banyak kasus tumor dan kanker yang pada akhirnya berujung pada kematian. Padahal sebenarnya, ada beberapa cara herbal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mematikan ini.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi bawang dayak secara teratur. Bawang dayak memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab pertumbuhan abnormal pada sel. Selain itu, bawang dayak juga mengandung senyawa naphtoquinones yang sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya sel-sel abnormal penyebab tumor dan juga kanker pada tubuh.

Khasiat bawang dayak ini juga sudah diteliti oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran di Universitas Sumatera Utara. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa ekstrak bawang dayak mampu menurunkan jumlah ekspresi cyclin-E terhadap sel kanker rahim. Dengan turunnya produksi cyclin-E ini, maka sel-sel kanker akan mati (apoptosis). Selain itu, peneliti dari University of Veterinary and Pharmaceutical Sciences di Republik Ceko juga menyebutkan bahwa kandungan naphtokuinones yang ada di dalam bawang dayak adalah senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk melawan sel-sel kanker.

5. Mencegah infeksi dan meningkatkan sistem imun tubuh

Khasiat bawang dayak selanjutnya adalah mencegah infeksi baik di dalam ataupun di luar tubuh karena bakteri, virus atau mikroba lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada di dalam bawang dayak. Dimana kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk meminimalisir dan mencegah infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Apalagi, bawang dayak juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Senyawa ini sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

Khasiat Bawang Dayak untuk Kecantikan Kulit

Mengingat kandungan bawang dayak yang sangat banyak, maka wajar saja jika bawang ini memiliki banyak sekali khasiat. Bawang dayak mengandung senyawa anti inflamasi dan juga anti bakteri sehingga sangat baik untuk mencegah munculnya jerawat pada kulit. Karena seperti yang diketahui, salah satu penyebab adanya jerawat pada wajah adalah bakteri dan kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit. Oleh karena itu, kandungan antibakteri yang ada di dalam bawang dayak bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik untuk mencegah jerawat pada kulit.

Selain itu, manfaat bawang dayak untuk kecantikan lainnya adalah mencegah dan mengobati peradangan akibat jerawat yang membesar. Peradangan akibat jerawat pada kulit seringnya membuat siapapun merasa tidak percaya diri. Tidak perlu khawatir, karena bawang dayak bisa mengempeskan dan mengobati peradangan pada kulit yang berjerawat sehingga kulit wajah Anda akan semakin bersih dan mulus.

Selain baik untuk kesehatan kulit dan tubuh, bawang dayak juga bagus untuk wanita yang sedang menyusui. Saat menyusui, wanita seringkali mengalami demam sehingga menyebabkan menurunnya produktivitas ASI. Tapi dengan mengkonsumsi bawang dayak, demam Anda akan cepat turun dan ASI bisa diproduksi dengan baik. Selain itu, bawang dayak untuk ibu menyusui juga bisa membuat ASI yang dikeluarkan lebih berkualitas. Hal ini tentu saja karena kandungan berkhasiat yang ada di dalam bawang dayak ini. Sekian ulasan terkait dengan khasiat bawang dayak, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • apakah bawang dayak bisa menghilangkan hepatitis
  • kasiat bawang dayak
  • Kasiat bawang dayak0vuk tubuh

Check Also

Bawang Dayak Obat Prostat Alami yang Sudah Terbukti

Bawang Dayak Obat Prostat Alami | Bagi kaum pria, salah satu penyakit yang paling ditakutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.