mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Diabetes Melitus / Khasiat Bawang Dayak Untuk Diabetes Melitus

Khasiat Bawang Dayak Untuk Diabetes Melitus

Khasiat Bawang Dayak untuk Diabetes MellitusKhasiat Bawang Dayak untuk Diabetes Melitus – Pada 2002 Sumiyati (35 tahun) kerap merasa lemas, mengantuk dan buang air kecil. Ia berpikir masuk angin dan kecapaian. Untuk mengatasi itu ia meminum jamu dan obat warung. Namun, gejala itu tak kunjung hilang. Malahan kondisi Sumiyati semakin lemas sehingga ia hanya berbaring di tempat tidur. Warsito, suami Sumiyati, memeriksakan kondisi sang isteri ke rumah sakit terdekat.

Dokter mendiagnosis Sumiyati mengidap diabetes melitus. Kadar gula darah ibu 3 anak itu 500 mg/dl. Kadar normal adalah 120 mg/dl. Kadar gula darah 500 mg/dl tergolong sangat tinggi. Jika dibiarkan beresiko fatal seperti bisa koma dan meninggal.

Namun, resiko tersebut tergantung daya tahan tubuh pasien. Pada beberapa pasien, kadar gula darah 400 mg/dl dapat menyebabkan koma. Ada juga pasien yang tahan sehingga baru koma saat kadar gula darah 1.000 mg/dl.

Sumiyati wajar terkena diabetes karena rutin mengonsumsi secangkir kopi manis setiap hari hampir 20 tahun. Selain itu, ayah Sumiyati juga mengidap diabetes.

Kadar gula darah yang tinggi mengharuskan Sumiyati dirawat di rumah sakit. Selang 13 hari ia pun diijinkan pulang. “Saat itu kadar gula darah saya turun menjadi 200 mg/dl,” kata perempuan kelahiran Jakarta itu. Sejak saat itu, Sumiyati berkonsultasi ke dokter saban bulan. Kadar gula darahnya selalu turun naik. Selain itu gejala diabetes seperti badan lemas dan mudah mengantuk masih ia rasakan. Sumiyati pun pernah mengonsumsi herbal berupa obat tetes, tapi tidak ada perubahan berarti.

Pada Juli 2013 Warsito menyarankan mengonsumsi bawang dayak segar. Demi meraih kesembuhan, Sumiyati pun menuruti saran suami. Setiap pagi ia merebus 5-6 siuang bawang dayak yang disuwir dengan 1 gelas air hingga mendidih. Sumiyati kembali mengonsumsi rebusan bawang dayak sebelum tidur. Selang sebulan Sumiyati merasa bugar dan tidak merasakan gejala diabetes lagi. Ia pun senang bukan kepalang.

Khasiat Bawang Dayak untuk Diabetes Melitus Menurut Penelitian

Khasiat bawang dayak untuk diabetes melitus sesuai dengan penelitian Maria DPT Gunawan Puteri dan rekan dari Divisi Biosains, Universitas Hokkaido, Jepang.

Maria berhasil mengisolasi 3 senyawa aktif dalam bawang dayak: eleutherol, eleutherinoside A, dan eleuthoside B. Hasil uji aktivitas daya hambat, menunjukkan senyawa katif yang berperan paling tinggi dalam menghambat alfa-glukosidase adalah eleutherinoside A dengan nilai IC50 0,5 Mm, yaitu 5 mg/50 gram sampel.

Alfa-glukosidase di permukaan membran sel usus berperan memecah pati dan disakarida menjadi glukosa. Jika aktivitasi alfa-glukosidase terhambat, penyerapan glukosa juga terhambat sehingga kadar gula di darah juga berkurang.

khasiat bawang dayak untuk diabetes mellitus
Berkat bawang dayak, kadar gula Sumiyati (kiri) menjadi normal kembali

Selain mujarab mengatasi diabetes melitus, bawang dayak juga manjur untuk asam urat. Lihat saja pengalaman Warsito, suami Sumiyati, yang kerap merasakan linu yang hebat di tangan sebelah kiri hingga ke bahu. Saking linunya ia pernah kembali ke rumah saat perjalanan ke tempat kerja. Ia lantas memeriksakan diri ke dokter. Hasil diagnosis dokter menyatakan Warsito terkena asam urat. Dokter yang memeriksa membekali ayah 3 anak itu obat penurun asam urat. Namun, tidak ada perubahan berarti.

Warsito lalu mengonsumsi bawang dayak dengan dosis sama dengan yang istrinya lakukan. Selang 4 hari linu yang ia rasakan lenyap sama sekali. Ia juga merasa lebih segar dan bugar.

Selain bisa dikonsumsi segar, kini tersedia bawang dayak dalam bentuk kering rajangan dan serbuk. Produk ini memudahkan konsumen merasakan khasiat bawang dayak kapan pun dan di mana pun tanpa perlu repot merebus, cukup diseduh air panas seperti halnya minum teh atau kopi. Khasiat bawang dayak kering pun sama ampuh dengan bawang dayak segar.

Demikian artikel singkat mengenai khasiat bawang dayak untuk diabetes melitus, Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dalam memilih pengobatan alternatif

Sumber : Majalah TRUBUS edisi 531-Februari 2014-XLV

Check Also

gejala kencing manis

Gejala Kencing Manis, Kenali dan Cegah Lebih Dini

Gejala Kencing Manis, Kenali dan Cegah Lebih Dini – Kencing manis atau biasa disebut sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *