mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Berlian / Khasiat Bawang Berlian Bagi Kesehatan

Khasiat Bawang Berlian Bagi Kesehatan

khasiat bawang berlianKhasiat bawang berlian banyak sekali terutama untuk masalah gangguan kesehatan. Tanaman herbal ini sudah digunakan secara turun temurun oleh suku asli Dayak untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman herba asal Borneo ini dipercaya sebagai antikanker, mencegah penyakit jantung, peningkat imunitas, antipendarahan dan antiperadangan. Aslinya Bawang berlian berasal dari Amerika Selatan, hanya saja tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah Kalimantan.

Memiliki nama latin Eleutherine Amercana, bawang berlian juga dikenal sebagai bawang dayak, bawang mekkah, bawang tiwai dan bawang sabrang. Saat ini bawang berlian sudah dikembangkan secara khusus sebagai tanaman obat di Kalimantan Tengah.

Bawang berlian termasuk jenis tanaman yang hidup berkelompok. Ciri-cirinya memiliki batang basah dengan ketinggian tanaman mencapai 50 cm, berumbi panjang dengan bentuk bulat telur, berwarna merah dan tidak berbau. Daunnya berwarna hijau beriga mirip dengan anggrek tanah. Sedangkan bunganya berwarna putih dan biasa mekar di sore hari selama beberapa jam saja.

Kandungan Senyawa Aktif dalam Bawang Berlian

Banyaknya khasiat bawang berlian tidak lepas dari senyawa aktif yang terdapat pada tanaman ini. Senyawa aktif tersebut meliputi Naphtoquinone yang memiliki turunan seperti eleutherine, eleutherol, elecanacine dan eleuthernone. Selain itu juga terkandung alkaloid, steroid, saponin, glikosida, flavanoid dan tanin.

Senyawa aktif tersebut adalah bahan baku yang biasa dipakai sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan.

Manfaat dan Khasiat Bawang Berlian

Pemanfaatan bawang dayak sebagai obat berbagai penyakit sudah lama diterapkan, masyarakan Dayak menggunakannya sebagai obat sembelit, susah buang air kecil, radang usus, disentri, luka, bisul, maag, muntah sampai penyakit kuning.

Tidak hanya itu, beberapa penyakit berbahaya seperti kanker payudara, diabetes melitus, hipertensi dan kolesterol tinggi dipercaya dapat disembuhkan dengan mengonsumsi bawang berlian secara teratur.

” Tahukah Anda? Ternyata bawang berlian berkhasiat untuk obat hipertensi. Prof Dr Sidik Apt, guru besar dari emiritus fakultas farmasi, universitas Padjajaran, mengungkapkan bahwa bawang berlian memiliki senyawa aktif alisin. Senyawa ini memiliki manfaat untuk menurunkan hipertensi.”

Selain itu Kandungan zat naphtoquinone yang ada pada bawang berlian dapat berperan sebagai antimikroba, antifungal, antivirial, dan antiparasitik. Bukan itu saja, naphtoquinone juga memiliki bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan.

Pada sebuah studi preklinis yang dijalankan oleh Sa’roni, dkk. Dan telah dipublikasikan pada Cermin Dunia Kedokteran pada tahun 1992, diungkapkan bahwa bawang berlian ternyata memiliki efek anti-inflamasi atau antiperadangan.

1. Sebagai Zat Antioksidan atau Menangkal Radikal Bebas

Tidak banyak diketahui, ternyata khasiat bawang berlian bisa sebagai antimelanogenesis (mencegah bintik atau flek hitam dikulit) dan antioksidan (menangkal radikal bebas). Hal ini bisa terjadi karena kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, falvanoid, steroid, glikosida dan saponin yang terdapat pada bawang berlian.

Menurut Dr Sukrasno MS, seorang farmakolog dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, menyatakan bahwa bawang dayak kaya akan zat antosianin, yaitu senyawa pewarna alami yang memberikan warna merah pada bawang berlian.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Sidik, Apt. (seorang guru besar dari emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran) antosianin adalah antioksidan yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas pada tubuh. Dengan berkurangnya jumlah radikal bebas maka risiko terkena penyakit kanker, jantung dan diabetes akan semakin berkurang.

2. Fenolik Sederhana sebagai Agen Antikanker

Seperti yang diungkapkan oleh de Padua dkk, dalam sebuah kajian ilmiah Plant Resources of South East Asia tahun 1999, pada kandungan fenolik sederhana, tanin, quinines, dan antosianin yang terdapat padabawang berlian memiliki efek terhadap pengobatan penyakit kanker.

Selain itu sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswi Fakultas Kedokteran UGM, Vita Permanasari, mengungkapkan bahwa ekstrak dari bawang berlian memiliki kemampuan untuk menghambat proses perkembangan sel kanker darah manusia.

Riset ilmiah juga dilakukan oleh Himawan Budityastomo dari fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, dia berhasil membuktikan ekstrak bawang berlian ternyata mampu menurunkan tingkat eksperesi cyclin-E sel kanker rahim. Dengan turunnya aktivitas dari cyclin-E membuat kematian pada sel kanker.

3. Bawang Berlian, Menjaga Kesehatan Ginjal

Arnida dkk dari Fakultas farmasi universitas Lampung juga melakukan penelitian terhadap bawang borneo ini. Hasilnya ekstrak bawang berlian bisa menurunkan kadar kalsium urine, meningkatkan volume dari air seni selama 24 jam, dan menurunkan ph air seni. Kinerja diuretik pada bawang ini dapat memudahkan proses penghancuran dan pengeluaran batu ginjal.

4. Eleutherol, Eleutherinoside A, Eleuthoside B, Penghancur Diabetes

Menurut Maria Gunawan Putri dari Divisi Biosains, universitas Hokkaido Jepang, tiga senyawa aktif pada bawang berlian seperti eleutherol, eleutherinoside A dan eleuthoside B dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes melitus.

Eleutherinoside A pada bawang berlian berfungsi untuk menghambat alfa-glukosidase. Alfa-glukosidase adalah zat yang berperan untuk memecah pati dan disakarida menjadi glukosa. Jika aktivitas dari alfa-glukosidase terhambat, maka otomatis penyerapan glukosa juga terhambat, sehingga kadar gula dalam darah akan berkurang.

Valentina Indrajati, herbalis dari Bogor, juga sepakat. Beliau menyatakan kandungan zat alkaloid pada bawang berlian memiliki peranhipoglikemik yaitu berguna untuk menurunkan kadar glukosa darah.

” Yang harus Anda tahu! Sebuah studi preklinis yang dilakukan Armiin Stefani dari sekolah farmasi Institut Teknologi Bandung, menyatakan pada bobot manusia seberat 60 kg dengan mengonsumsi bawang berlian sebanyak 216 gram tidak menyebabkan keracunan atau kematian.”

khasiat bawang berlian bagi kesehatanCara Mengolah Bawang Berlian

Khasiat bawang berlian sebagai obat herbal dapat diperoleh dengan mengolahnya. Bagian yang biasa digunakan pada tanaman herbal ini adalah umbi dan daunnya. Bawang berlian segar adalah yang paling bagus untuk digunakan, pengolahannya pun bisa dalam bentuk minuman, manisan sampai bubuk atau serbuk.

Ramuan bawang berlian untuk Terapi Kanker

a. Bahan-bahan

  • Siapkan 20 gram irisan bawang berlian kering
  • Siapkan 20 gram irisan umbi temu putih kering
  • Siapkan 20 gram tanaman rumput mutiara kering
  • Siapkan 10 gram tanaman keladi tikus kering
  • Siapkan 10 gram tanaman sambiloto kering
  • Dan 5 gelas air atau 1 liter air

b. Cara Membuatnya

  • Semua bahan-bahan diatas di rebus hingga tersaring menjadi setengah bagian.
  • Selanjutnya saring ramuan tadi, lalu minum selagi hangat sebanyak tiga kali sehari. Sekali minum sebanyak 200 ml.
  • Waktu untuk minum ramuan sebaiknya satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

Ramuan Bawang Berlian untuk Obat Sembelit

a. Bahan-bahan

  • Siapkan 50 gram bawang berlian segar
  • cuci hingga bersih dan parut halus.
  • Siapkan juga 1/2 gelas air panas atau 120 ml

b. Cara Membuatnya

  • Bawang berlian yang sudah diparut lalu diperas dan disaring.
  • Campurkan hasil perasan bawang berlian dengan air panas
  • Minum ramuan ini dua kali sehari, setiap pagi dan sore, masing-masing seperempat gelas.

Dengan begitu banyaknya khasiat bawang berlian bagi kesehatan, maka Anda bisa mencobanya sebagai obat alternatif pengganti obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang berharga mahal.

Incoming search terms:

  • kandungan masing-masing zat dalam bawang dayak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *