mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Harga Bawang Dayak / Harga Bawang Dayak: Murah dengan Khasiat Melimpah

Harga Bawang Dayak: Murah dengan Khasiat Melimpah

Harga Bawang Dayak: Murah dengan Khasiat MelimpahHarga Bawang Dayak: Murah dengan Khasiat Melimpah | Diketahui memiliki beragam khasiat, kini bawang dayak memiliki nilai jual yang lebih. Padahal, sebelumnya bawang dayak yang berasal dari Kalimantan ini tumbuh liar di sekitar pemukiman masyarakat. Meski demikian, bawang dayak tak bisa sembarang tumbuh karena terdapat beberapa syarat agar tumbuh dengan baik.

Bawang dayak biasa tumbuh di daerah dengan ketinggian 1-2000 m dpl. Kadar keasaman atau pH tanah yang mendukung bawang dayak tumbuh baik yakni antara 6-7. Selain itu, kandungan sulphur yang banyak serta sedikit berpasir sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman ini. Kondisi tanah juga perlu diperhatikan, yakni daerah yang berawa-rawa atau tanah yang tidak terlalu banyak air.

Memiliki nama lain seperti bawang berlian dan bawang mekkah merujuk pada populernya bawang dayak. Kini, tanaman herbal tersebut tak perlu didatangkan dari Kalimantan. Karena bawang dayak telah cukup banyak dibudidayakan, misalnya saja di Bogor. Kota Bogor memang menjadi tempat yang cocok karena kondisi tanah yang baik dan daerah tingginya.

Dari Amerika Menyebar ke Indonesia

Menurut K Heyne dalam buku Tumbuhan Berguna Indonesia, bawang dayak berasal dari benua Amerika dan menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Tak hanya di Indonesia, bawang dayak juga terkenal di mancanegara. Voravuthikunchai dari Fakultas Sains, Prince of Songkla University, Thailand, mengungkapkan bawang dayak biasa digunakan dalam masakan tradisional. Contoh masakan yang terbuat adalah bahan salad.

Ditemui pula nama asing untuk bawang dayak di beberapa negara seperti bebawang bara (Malaysia), ang chang, hongcong (Cina), hom daeng, bakongsa persia mala-bauang, rosa-sa-siam (Thailand), Hagusahis, ahos-ahos (Filipina) (Hartati,1983; Tang, 1992).

Harga Bawang DayakJika di Thailand dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, di tanah Jawa tanaman herbal ini dipelihara sebagai tanaman hias. Mengapa bawang dayak bisa dijadikan tanaman hias? Tak lain karena bentuk bunganya yang indah. Perlu diketahui, tanaman bawang dayak ini merupakan terna semusim yang merumpun sangat kuat. Tanaman ini memiliki rumpun-rumpun besar dengan tinggi sekitar 25-50 cm.

Batang semu membentuk umbi berlapis. Daunnya tunggal berbentuk pita, dengan ujung dan pangkal runcing warna hijau. Umbi terletak di bawah tanah dengan bentuk bulat telur memanjang dan berwarna merah. Sedangkan bunganya berukuran kurang lebih 40 cm, bentuk silindris dengan kelopak terdiri dari dua daun kelopak. Warna bunganya hijau kekuningan dengan mahkota yang terdiri dari empat daun mahkota, lepas, panjang ± 5 mm. Bunga terbukanya pukul 5 sore dan tertutup pukul 7 malam. Akar serabut berwarna coklat muda. (Backer, 1965; Heyne, 1987; Kasahara, 1995).

Harga Bawang Dayak di Pasaran

Manfaat bawang dayak telah banyak diakui. Misalnya saja menurut Amik Krimawatis dan M. Sabran, bawang dayak bermanfaat mengobati sakit perut, demam, sakit kepala, malaria, flu sakit gigi serta penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, Ranti herbalis asal Palangkaraya, memanfaatkan tanaman ini secara turun temurun di lingkungan keluarganya. Ranti menganjurkan pasien untuk mengkonsumsi 5 siung bawang dayak yang diseduh dengan segelas air panas. Pasien meminumnya sedikit demi sedikit tiap hari.

Karena khasiatnya itulah, nilai jual bawang dayak cukup tinggi dan tak lagi gratis. Ali Rahman, seorang pekebun dari Bogor menghargai Rp 80.000 setiap kilo bawang dayak. Harga bawang dayak tersebut tak membuat para pemburu tidak tertarik, terlebih para pasien diabetes mellitus, stroke atau pun hipertensi. Umbi tersebut sudah menjadi panasea alias obat beragam penyakit.

Penyebaran bawang dayak di Indonesia juga pada akhirnya mempengaruhi harga bawang dayak. Terlebih lagi harga bawang dayak yang berkisar sekitar Rp 80.000 perkilogram terbilang murah jika dibandingkan dengan biaya pengobatan medis. Tak hanya itu, bawang dayak juga dicari karena terkenal sebagai panasea sehingga semakin sulit dicari.

Namun tidak perlu khawatir, karena bawang dayak juga dapat ditanam di pekarangan rumah, terlebih jika rumah Anda berada di daerah yang sejuk. Selain untuk investasi kesehatan, keindahan bunga bawang dayak juga memungkinkan untuk dijadikan tanaman hias.

Cara penanaman bawang dayak di pekarangan rumah terbilang mudah. Siapkan umbi bawang dayak lalu benamkan ke dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 3 cm. Tanah tersebut harus digemburkan serta pemberian pupuk yang secukupnya. Jangan menanam di tanah yang terlalu berair, karena akan membuat bawang dayak akan cepat busuk. Untuk menghindari agar tidak busuk, buatlah guludan supaya bawang dayak tidak senantiasa tergenang di air. Jarak tanam juga perlu diperhatikan, yakni 10 hingga 20 cm antar pohon.

Manfaat Bawang Dayak

Manfaat bawang dayak dirasakan langsung oleh Cahyanti yang berasal dari Bogor. Cahyanti didiagnosis menderita diabetes karena ia kerap merasa lelah. Akibat dari diabetes itu, Cahyanti harus merelakan ibu jari tangan kirinya. Hal tersebut disebabkan jarinya luka dan bernanah. Meski tidak diketahui penyebab lukanya, luka tersebut semakin parah dan menghitam. Cahyanti memutuskan pergi ke rumah sakit dan dokter pun menyarankan untuk dilakukan operasi.

Namun sayang, operasi tidak dapat langsung dilakukan. Dikarenakan, tindakan operasi pada pasien diabetes harus menunggu menurunnya kadar gula darah, sebagai upaya mencegah pendarahan. Jika terjadi pendarahan, maka akan semakin sulit dihentikan karena pasien diabetes memiliki darah yang tidak normal alias kental. Sehingga, jika terlalu kental fibrinogen (zat beku darah) tidak dapat melakukan tugasnya. Untuk menanggulanginya Cahyanti mendapat suntikan insulin yang berguna menurunkan kadar gula darah.

Meski telah rutin suntin insulin, kesehatan Cahyanti tidak membaik. Karena seperti itu, Cahyanti mencoba pengobatan herbal. Ia mengenal bawang dayak dari temannya, dan mulai mengkonsumsi 2 kapsul setiap selesai makan. Hanya dalam waktu sepekan, kondisi Cahyanti semakin membaik dan tubuhnya terasa segar.

Hal tersebut sejalan dengan riset yang dilakukan Tomohiro Ieyama, Maria DPT GunawanPuteri, dan Jun Kawabata dari Division of Biosdience, Graduate School of Agriculture, Hokkaido University, Jepang. Ieyama dan rekan berhasil mengisolasi 3 senyawa aktif bawang dayak: eleutherol, eleutherinoside A, daneleuthoside B dengan menggunakan serangkaian teknik kromatografi.

Untuk itu, jika Anda merasa sering buang air kecil serta merasa lelah atau letih, baiknya segera memeriksakan diri karena sangat mungkin hal tersebut adalah gejala diabetes. Lagi pula kini diabetes dapat menyerang siapa pun, baik yang muda atau pun tua. Sehingga sedari awal, sangat penting pula untuk memerhatikan konsumsi makanan, baiknya tak berlebihan pemanis terlebih pemanis buatan.

Namun jika Anda merasa khawatir dengan kadar gula darah Anda, cobalah mengkonsumsi bawang dayak untuk menurunkan kadar gulanya. Dengan harga bawang dayak yang kami jual Rp 75.000 perkilogram, Anda sudah dapat merasakan banyak manfaat dan tak perlu mengkhawatirkan penyakit kronis menjangkiti Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *