mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Diabetes Melitus / Gejala Kencing Manis, Kenali dan Cegah Lebih Dini

Gejala Kencing Manis, Kenali dan Cegah Lebih Dini

gejala kencing manisGejala Kencing Manis, Kenali dan Cegah Lebih Dini | Kencing manis atau biasa disebut sebagai penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya hormon insulin dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar gula darah yang ada dalam tubuh anda. Kencing manis terjadi disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Selain itu, asupan gula atau makanan manis lainnya yang terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh juga menyebabkan terkena penyakit kencing manis ini. Penyakit kencing manis merupakan penyakit yang sampai saat ini belum bisa disembuhkan secara total.

Namun penyakit ini bisa diminalisir dengan berbagai macam cara. Penyakit kencing manis ini seringkali baru diketahui ketika sudah masuk dalam stadium yang lanjut. Maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala awal dari penyakit kencing manis ini. Sehingga nantinya anda bisa melakukan langkah pencegahan lebih awal lagi agar penyakit ini bisa diminimalisir dengan baik.

Gejala Kencing Manis Atau Diabetes Melitus

Berikut ini adalah beberapa gejala kencing manis yang perlu anda ketahui.

1. Mati rasa

Mati rasa yang dimaksud disini adalah adanya rasa kebas dan kesemutan yang sering menimpa bagian tubuh, biasanya terjadi di bagian jari atau kaki. Hal ini merupakan tanda awal adanya peningkatan kadar gula dalam tubuh anda secara signifikan. Dan membuat saraf mengalami kerusakan kecil.

2. Sering buang air kecil

Selanjutnya yang bisa anda rasakan adalah seringnya buang air kecil. Hal ini terjadi karena tubuh akan sering melakukan pembuangan kotoran berupa air kecil karena gula darah yang tinggi ini juga akan mempengaruhi kondisi kerja organ ginjal anda.

3. Berat badan berkurang

Tubuh tidak mampu menyerap glukosa secara baik bisa menjadi salah satu faktor pemicu berat badan anda menjadi berkurang secara signifikan. Selain itu, penderita diabetes ini juga akan memiliki rasa lemas dan cenderung sering haus, karena pengaruh dari tubuh kurang mampu meyerap glukosa.

4. Nafsu makan meningkat

Sama seperti tubuh yang tidak mampu dengan baik menyerap glukosa, maka anda juga akan mendapati nafsu makan meningkat namun disertai tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis. Jika hal ini terjadi maka segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

5. Penglihatan kabur

Hal ini terjadi jika gejala kencing manis mulai memasuki stadium lanjut. Maka anda akan mendapati penglihatan anda menjadi lebih buram dan kabur. Kadar glukosa yang melonjak naik keatas akan berpengaruh terhadap penglihatan anda dan akan merusak cairan di pembuluh mata anda. selain itu, kondisi yang semakin parah lagi akan berpengaruh membentuk atau mengubah lensa mata karena cairan atau aliran darah terbatasi masuk ke dalam mata.

Beberapa gejala kencing manis tersebut seringkali terlambat disadari, sehingga penyakit kecing manis terlanjur bersarang di tubuh. Lalu bagaimana jika sudah terserang kencing manis? Penjelasan berikut mungkin bisa membantu anda yang sedang mencari alternatif pengobatan diabetes atau kencing manis.

Bawang Dayak sebagai Alternatif Pengobatan Kencing Manis

Bukti empiris dan riset terkini membuktikan bawang dayak Eleutherine americana mampu menurunkan kadar gula darah penderita kencing manis atau diabetes melitus, Bahkan untuk penderita yang bergantung pada suntik insulin. Semakin banyak diabetesi melaporkan konsumsi bawang dayak membuat frekuensi suntik insulin berkurang, bahkan tidak perlu lagi sama sekali.

gejala diabetes melitus

Salah seorang penderita diabetes yang mebuktikan khasiat bawang dayak adalah Cahyanti dari Bogor, Jawa Barat. Ibu satu putri itu menuturkan, sebelum ia didiagnosis terkena kencing manis memang sering merasa lelah. Cahyanti awalnya menyangka ia hanya mengalami kelelahan biasa karena bekerja terlalu keras. Cahyanti menduga penyakitnya disebabkan faktor keturunan karena ibunya juga pernah menderita diabetes.

Penderitaan Cahyanti akibat kencing manis bertambah ketika ia harus merelakan ibu jari tangan kirinya diamputasi. Waktu itu, pada akhir 2012, ibu jari tangan kirinya luka dan bernanah. Ia tidak tahu sama sekali penyebab luka itu. Seminggu kemudian luka itu semakin parah dan menghitam. Cahyanti memeriksakan diri ke dokter. Dokter menyarankan untuk melakukan tindakan operasi karena jaringan pada ibu jari tangan kiri Cahyanti sudah mati. Tetapi sayangnya operasi tidak bisa segera dilakukan karena tingginya kadar gula Cahyanti.

Memang tindakan operasi pada pasien diabetes harus menunggu turunnya kadar gula darah agar tidak terjadi pendarahan. Biasanya penderita diabetes memiliki cairan darah yang kental alias tidak normal. Zat beku darah, yang terdapat dalam darah, akan bekerja maksimal kalau cairan darah normal. Jika cairan darah terlalu kental maka fibrinogen alias zat beku darah tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Karena itu pula Cahyanti mendapatkan suntikan insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Akhirnya setelah 2 minggu operasi amputasi ibu jari tangan kirinya bisa dilakukan.

Konsumsi bawang dayak, kencing manis sembuh

Walaupun rutin menyuntikkan insulin dan menjaga pola makan, kondisi Cahyanti tidak semakin membaik. Tubuhnya masih berasa lemas. Cahyanti dengan dibantu sang suami mencari alternatif pengobatan herbal. Berbagai macam jenis herbal pernah ia coba, tapi belum ada yang cocok. Atas saran seorang teman, ia mengonsumsi bawang dayak. Sejak Oktober 2013 Cahyanti mengonsumsi kapsul bawang dayak setiap pagi dan sore hari, masing-masing 2 kapsul setelah makan.

Sepekan setelah konsumsi bawang dayak kondisi Cahyanti membaik. Tubuhnya jauh lebih segar. Luka di tangan akibat tergores pisau saat memasak pun cepat mengering. Padahal luka itu biasanya baru sembuh sepekan. Kondisi Cahyanti terus membaik dan bisa mengerjakan semua tugas rumahnya sendiri. Padahal dulu, tugas itu sulit dilakukan. Meski kondisinya membaik, Cahyanti tetap mengonsumsi bawang dayak, tapi jumlahnya dikurangi menjadi 1 kapsul pada pagi dan sore hari.

Riset Ilmiah Khasiat Bawang Dayak untuk Diabetes Melitus

Khasiat bawang dayak untuk diabetes melitus sesuai dengan hasil riset Tomohiro Ieyama, Maria DPT Gunawan Puteri, dan Jun Kawabata dari Division of Biosdience, Graduate School of Agriculture, Hokkaido University, Jepang. Ieyama dan rekan berhasil mengisolasi 3 senyawa aktif bawang dayak: eleutherol, eleutherinoside A, dan eleuthoside B dengan menggunakan serangkaian teknik kromatografi.

Hasil uji aktivitas daya hambat terhadap alpha-glucosidase menunjukkan senyawa aktif yang berperan paling tinggi dalam menghambat alpha-glucosidase adalah eleutherinoside A dengan nilai IC50 sebesar 0,5 Mm, atau 5 mg/50 gram sampel. Alpha-glucosidase terletak pada permukaan membran sel usus. Ia berperan memecah pati dan disakarida menjadi glukosa. Dengan menghambat aktivitas alpha-glucosidase, maka penyerapan glukosa juga terhambat sehingga kadar gula di darah juga berkurang.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam bawang dayak, yaitu: eleutherol, eleutherinoside A, dan eleuthoside B dipercaya mampu mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Periset lain, Islamudin Ahmad dan Yurika Sastyarina dari Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, juga membuktikan keampuhan bawang dayak sebagai anti-diabetes melitus. Mereka meneliti ekstrak metanol bawang dayak dengan tiga metode: sokhlet, reflux, dan maserasi. Para peneliti itu lantas memberikan hasil ekstrak kepada mencit diabetesi. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat penurunan kadar gula darah paling tinggi adalah bawang dayak ekstraksi maserasi dan reflux masing-masing 62,2% dan 74,6%. Rata-rata penurunan gula darah terjadi pada menit ke-90.

Studi lain juga membuktikan kandungan alkaloid, flavonoid, glikosida, dan saponin yang terdapat pada bawang dayak juga mendatangkan khasiat kesehatan. Khasiatnya yakni sebagai hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah untuk terapi penderita diabetes melitus.

Begitu besar khasiat bawang dayak ini sehingga tidak mengherankan bila obat tradisonal bawang dayak yang satu ini menjadi pilihan utama untuk pengobatan alternatif terutama bagi penderita kencing manis atau diabetes melitus.

Demikian artikel mengenai pengenalan gejala kencing manis dan alternatif pengobatannya, semoga bermanfaat.

Check Also

Bawang Dayak Obat Prostat Alami yang Sudah Terbukti

Bawang Dayak Obat Prostat Alami | Bagi kaum pria, salah satu penyakit yang paling ditakutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.