mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Artikel / Cara Mencegah dan Mengobati Kanker Hati

Cara Mencegah dan Mengobati Kanker Hati

Cara mencegah dan mengobati kanker hati
Cara mencegah dan mengobati kanker hati | Kanker hati merupakan salah satu jenis kanker yang awalnya dari organ hati atau pun liver. Berdasarkan lokasi pertumbuhan dan penyebarannya (metastasis), penyakit ini terbagi 2 klasifikasi yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder.

Kanker hati primer merupakan jenis kanker yang awalnya ada di organ hati itu sendiri dan termasuk kanker yang berpotensi cukup fatal. Sementara itu untuk jenis kanker hati sekunder ini berawal dari bagian tubuh yang lain, lalu melakukan penyebaran dan tumbuh pada organ hati.

Salah satu dari jenis penyakit kanker hati yang paling umum menyerang manusia adalah hepatocellular carcinoma (HCC) atau hepatoma. Kanker ini merupakan jenis kanker hati primer yang telah melakukan perkembangan dari sel hati utama yaitu hepatosit. HCC tersebut umumnya terjadi sekitar 75 % dari semua jenis kanker hati primer. Kanker jenis ini bisa merupakan komplikasi dari jenis penyakit hepatitis atau peradangan di organ hati serta kondisi sirosis maupun jaringan hati normal yang telah digantikan oleh jaringan parut.

Berikut ini adalah kilas informasi lengkap mengenai cara mencegah dan mengobati kanker hati yang wajib Anda tahu.

Gaya Hidup Sehat, Cara Mencegah Kanker Hati Paling Ampuh

Resiko sakit kanker hati ini bisa dikurangi dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan vaksinasi serta melakukan hubungan seksual secara aman sebagai upaya untuk menghindari resiko terinfeksi hepatitis B dan juga C.  Hal lain yang tak kalah pentingnya, adalah menerapkan gaya hidup sehat. Langkah yang bisa ditempuh antara lain mengatur pola makan dan  olahraga secara teratur. Untuk olahraga minimal setiap 2 minggu sekali dilaksanakan, tubuh Anda terhindar dari obesitas.

Selain hal tersebut, Anda juga harus menghindari konsumsi minuman keras yang berlebih dan rokok. Apabila Anda ingin menindik atau menato tubuh, pastikan terlebih dulu untuk melakukannya di tempat yang sudah memiliki tingkat kesterilan yang terjamin.

Cara mengobati kanker hati

Stadium kanker ini nanti akan menentukan jenis dari penanganan apa yang bakal diberikan bagi penderita kanker. Apabila kanker yang terdiagnosis tersebut sudah terlanjur pada kondisi stadium lanjut, maka perawatannya hanya akan ditujukan untuk dapat mengurangi rasa sakit dan juga ketidaknyamanan sipasien selama sisa hidupnya. Lain halnya apabila kanker dapat terdiagnosis sebelum akhirnya berkembang menjadi lebih parah lagi, maka kondisi tersebut jauh lebih memungkinkan untuk segera ditangani.

Setidaknya ada 3 macam tindakan medis dalam mengobati sakit kanker hati ini. Yang pertama adalah dengan ablasi frekuensi radio. Ini adalah penggunaan sebuah perangkat listrik yang khusus dipergunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada di organ hati. Kemudian yang kedua adalah operasi reseksi. Tindakan ini berupa pengangkatan bagian-bagian tertentu dari organ hati yang telah terinfeksi. Dan yang terakhir adalah transplantasi hati, yakni menggantikan organ hati penderita kanker hati dengan organ hati dari pendonor.

obat tradisional kanker hati

Bawang dayak sebagai obat tradisonal kanker hati

Bawang dayak secara empiris sejak lama digunakan oleh masyarakat tradisional sebagai obat antikanker. Keampuhan bawang dayak dalam mengobati segala macam kanker, termasuk kanker hati, juga didukung dengan fakta ilmiah.

Sebuah riset ilmiah yang dilakukan oleh Himawan Budityastomo dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara membuktikan ekstrak bawang dayak dapat menurunkan tingkat ekspresi cyclin-E sel kanker rahim manusia. Turunnya aktivitas cyclin-E menyebabkan terjadinya apoptosis atau kematian sel kanker.

Sementara itu, menurut Petr Babula (peneliti di Department of Natural Drugs, University of Veterinary and Pharmaceutical Sciences, Republik Ceko), naphtokuinones dalam bawang dayak merupakan senyawa yang berperan sebagai agen antikanker

Menurut de Padua dkk dalam Plant Resources of South East Asia tahun 1999, kandungan fenolik sederhana, tanin, quinines, dan antosianin dalam bawang dayak merupakan senyawa yang memiliki efek terhadap pengobatan kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Vita Permanasari, Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM, menyatakan bahwa ekstrak bawang dayak memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel kanker darah manusia.

Dari hasil penelitian ilmiah lain, membuktikan bahwa umbi bawang dayak memiliki senyawa aktif naphtoquinon eleutherine yang berpotensi sebagai antikanker. Zat aktif tersebut dapat menghambat kerja enzim topoisomerase II yang berperan penting dalam fase replikase dan foliperasi sel kanker.

Dengan fakta-fakta sahih seperti yang diuraikan di atas, bawang dayak sangat layak direkomendasikan sebagai obat tradisional kanker hati.

Demikian tadi informasi seputar cara mencegah dan mengobati kanker hati. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.