mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Bawang Dayak untuk Kolesterol, Begini Cara Pengolahannya

Bawang Dayak untuk Kolesterol, Begini Cara Pengolahannya

Bawang Dayak untuk Kolesterol  | Penyakit kronis biasanya dapat disebabkan oleh penyakit lain. Salah satunya adalah penyakit kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia. Penyakit kolesterol tinggi adalah kondisi saat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang seharusnya. Padahal, kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian lainnya didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Penyakit yang dapat mengintai pasien kolesterol tinggi adalah stroke dan serangan jantung, yang disebabkan oleh adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah.

bawang dayak untuk kolesterolFaktor utama penyebab kolesterol adalah makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Misalnya daging kambing, daging bebek, kulit ayam, kerupuk, jeroan, otak sapi, cumi, telur buyung puyuh, santan dan berbagai produk yang berasal dari hewani. Hal tersebut semakin memungkinkan apabila gaya hidupnya tidak sehat, seperti kurangnya berolahraga. Namun, di sisi lain juga terdapat faktor lain yakni faktor keturunan.

Sebenarnya, kolesterol diperlukan oleh tubuh. Membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal menjadi fungsi utama kolesterol. Meski demikian, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan khususnya cek kadar kolesterol dalam darah. Terlebih jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, berat badan yang berlebihan, mau pun berpenyakit diabetes.

Karena faktor keturunan juga berpengaruh, rajin-rajinlah memeriksakan diri bila salah satu anggota keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi. Faktor keturunan atau genetik itu disebut familial hypercholesterolaemia (FH).

Kolesterol tinggi menyebabkan rasa sakit di dada, khususnya di bagian depan. Tak hanya dada, lengan seringkali mengalami sakit apabila mengalami stres yang berlebihan atau pun melakukan kegiatan fisik yang berat. Di sisi lain, jantung koroner menjadi ancaman tersendiri bagi para penderita kolesterol tinggi.

Cara Mencegah Kolesterol

Jika berbicara mengenai kolesterol, yang perlu diperhatikan adalah gaya hidup sehat. Dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat juga bergizi seimbang, serta menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Cobalah mengganti pilihan makanan yang mengandung lemak jenuh dengan sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan buah-buahan. Biasakan pula olahraga yang rutin dan turunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas. Di samping itu semua, segera hindari rokok sesegera mungkin.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pola makan yang harus diubah serta berhenti merokok sesegera mungkin. Rokok memiliki akrolein, yang dapat menghentikan aktivitas kolesterol untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati.

Umumnya, pasien kolesterol harus mengubah gaya hidupnya. Biasanya dokter menyarankan untuk mengubah pola makan, membiasakan olahraga, dan berhenti merokok. Jika sudah melakukan gaya hidup sehat namun keadaan tak semakin membaik, baiknya segera mengkonsumsi obat penurun kolesterol. Beberapa jenis obat penurun kolesterol berfungsi dengan cara yang berbeda-beda. Ada pun contoh obat penurun kadar kolesterol dalam darah antara lain statin, aspirin, dan ezetimibe.

Manfaat dari statin adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara memblokir enzim dalam hati yang bertugas memproduksi kolesterol. Biasanya, jika diresepkan oleh dokter, pasien harus mengkonsumsi statin selama seumur hidup. Ada pun jenis obat-obatan statin yang biasa disarankan dokter adalah atorvastatin, simvastatin dan rosuvastatin. Jika mengkonsumsi statin tak perlu kaget jika Anda mengalami gangguan pada perut dan nyeri otot, sebab bisa jadi itu adalah efek sampingnya.

Ada beberapa penderita yang tidak dapat mengkonsumsi statin karena efek sampingnya, sehingga dokter biasanya meresepkan ezetimibe. Ezetimibe memiliki cara kerja dengan cara mencegah terjadinya penyerapan kolesterol di dalam usus yang berasal dari makanan. Meski tak seefektif statin, ezetimibe memiliki efek samping yang lebih kecil.

Penggunaan Bawang Dayak Untuk Kolesterol

Sebenarnya, bawang dayak untuk kolesterol dapat menjadi alternatif pengobatan Anda. Sebab dengan konsumsi bawang dayak, seseorang dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 20 mg/dL. Namun, semua itu bergantung pada dosis. Meski demikian perlu diperhatikan mengenai dosis, karena menurut suatu studi dosis bawang dayak di atas 0,25 g/kg berat tubuh setiap hari dapat membahayakan tubuh.

Penelitian juga telah membuktikan khasiat bawang dayak, salah satunya Fakultas Farmasi ITB Bandung yang mengkaji pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak. Dari penelitian tersebut diketahui bawang dayak dapat digunakan langsung secara segar atau dikeringkan. Baiknya, bawang dayak diperoleh ketika pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif, yaitu ketika baru muncul kuncup bunga agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Pengolahan Bawang Dayak untuk Kolesterol

Mengkonsumsi bawang dayak memang sangat baik untuk tubuh. Namun, kerap kali rasa pahit khas bawang dayak membuat konsumsi tersebut menjadi tidak menyenangkan. Namun tak perlu khawatir karena pengolahan bawang dayak kini telah beragam. Antara lain, dalam bentuk segar, kering rajangan (simplisia), serbuk atau bubuk, dan kapsul.

khasiat bawang dayak untuk kolesterolCara pengolahan bawang dayak menjadi serbuk diawali dengan mencuci umbi bawang dayak segar. Bawang segar itu diiris-iris tipis atau dirajang. Selanjutnya dilakukan proses pengeringan menggunakan oven dengan suhu maksimal 400 C, hingga kadar air kurang dari 10%. Jika Anda tak memiliki oven, cobalah mengangin-anginkan irisan bawang dayak. Konsumsi bawang dayak berbentuk serbuk juga dianjurkan para herbalis karena senyawa masih menyerupai aslinya dan tidak terjadi degradasi.

Jika Anda lebih menyukai minuman hangat, Anda dapat mencoba pengolahan menjadi rebusan. Caranya adalah dengan merebus 5-6 siung bawang dayak segar dalam 2 gelas air. Dari hasil rebusan itu didapatkan setengahnya. Minumlah air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Dengan takaran tersebut, rebusan bawang dayak akan berperan menyebuhkan kolesterol.

Cara lainnya adalah memproses bawang dayak menjadi simplisia. Proses pembuatan simplisia adalah dengan proses pengeringan yang dilakukan cepat. Pakailah suhu yang tidak terlalu tinggi karena penggunaan suhu tinggi dapat berakibat perubahan kimia pada kandungan senyawa aktifnya. Umumnya, suhu yang dipakai untuk pengeringan antara 40-60 derajat celcius dengan kadar air 10%. Sebelum dikeringkan, pastikan pengaturan ketebalan pemotongannya, sehingga diperoleh tebal irisan seragam dan tidak rusak selama pengeringan.

Bawang Dayak Ternyata Banyak Khasiatnya

Selain ampuh mengobati kolesterol, bawang dayak juga manjur menyembuhkan berbagai penyakit antara lain:

  1. Diabetes Mellitus
  2. Asam Urat
  3. Hipertensi/Darah Tinggi
  4. Radang Usus
  5. Ginjal
  6. Prostat
  7. Segala jenis Kanker dan Tumor (Kista, Myom, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker Kelenjar Getah
  8. Bening, Kanker Paru-Paru, Kanker Usus dll)
  9. TBC
  10. Asma
  11. Migrain
  12. Vertigo
  13. Wasir/Ambeien
  14. Stroke
  15. Kolesterol
  16. Epilepsi
  17. Autisme
  18. Hepatitis
  19. Jantung koroner
  20. Radang Rektum
  21. Peluruh lemak
  22. Bisul
  23. Rematik
  24. Amandel
  25. Maag
  26. Insomnia
  27. Obat muntah
  28. Pencahar
  29. Sakit Pinggang
  30. Gangguan Pencernaan/Lambung
  31. Gondok
  32. Gangguan Seksual/Vitalitas
  33. Keputihan
  34. Pelupa/Menurunnya Fungsi Ingatan
  35. Semua penyakit kronis dan yg berhubungan dengan darah

Hal utama dari proses pengobatan adalah kesabaran penderita dalam menjaga kegigihan untuk sembuh. Dukungan keluarga juga sangat dibutuhkan agar penderita lebih semangat untuk sembuh. Dengan khasiat bawang dayak untuk kolesterol seperti diuraikan di atas, diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pengobatan kolesterol.

Incoming search terms:

  • bawang dayak bisa mebyembuhkan kolesterol tinggi
  • cara bawang dayak kolestrol
  • cara pengolahan bawang dayak untuk penyakit kolesterol

Check Also

Gejala Kanker Rahim dan Alternatif Pengobatannya

Gejala Kanker Rahim dan Alternatif Pengobatannya | Kanker rahim adalah kanker yang menyerang pada organ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *