mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Kanker / Bawang Dayak untuk Kanker, Begini Penjelasannya

Bawang Dayak untuk Kanker, Begini Penjelasannya

Bawang Dayak untuk Kanker | Kanker merupakan penyakit yang timbul akibat adanya pertumbuhan sel tubuh yang tidak wajar sehingga berubah menjadi sel kanker. Kanker menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia, utamanya pada tahun 2012 di mana terdapat 8,2 juta kematian yang disebabkan oleh kanker.

bawang dayak untuk kanker

Meski telah dikenal sebagai penyakit mematikan, namun belum banyak yang mengetahui penyebab serta cara mengobati kanker, sehingga ada pula yang menyamakannya dengan penyakit tumor. Lalu apa sebenarnya penyebab kanker itu? Apakah penyakit kanker dan tumor berbeda?

Sesungguhnya, kanker dan tumor saling berkaitan. Sederhananya, penyakit kanker terjadi karena adanya pertumbuhan tidak normal sel jaringan tubuh. Sedangkan tumor merupakan kondisi di mana pertumbuhan sel tidak normal sehingga membentuk suatu lesi atau pada umumnya terjadi benjolan pada tubuh.

Penyakit tumor sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak tidak menyebarm sedangkan tumor ganas dapat menyusup ke jaringan sekitarnya, dan sel kanker dapat ditemukan pada pertumbuhan tumor tersebut.

Faktor Penyebab Kanker dan Jenis Kanker

Setelah mengetahui perbedaan kedua penyakit tersebut, kini Anda baiknya mengetahui faktor penyebab kanker dan cara mengobatinya. Dengan mengetahui faktor risikonya, Anda bisa mencegah lebih dini sehingga dapat terbebas dari ancaman penyakit yang tidak memandang usia dan jenis kelamin ini. Jika sudah terlanjur, Anda bisa memanfaatkan khasiat bawang dayak untuk kanker.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya kanker pada tubuh seseorang. Faktor tersebut antara lain faktor genetik, faktor karsinogen, dan faktor gaya hidup. Tidak dapat dipungkiri, kemungkinan seseorang dapat terjangkit kanker lebih besar karena adanya riwayat penyakit kanker pada keluarganya. Jika Anda mengetahui riwayat tersebut, ada baiknya Anda harus lebih memerhatikan gaya hidup sebagai bentuk pencegahan.

Selain itu, rutin mengecek kesehatan adalah kunci utama untuk mengetahui keadaan tubuh. Sedangkan faktor karsinogen merupakan faktor yang disebabkan zat kimia, radiasi, virus, hormon, dan iritasi kronis. Di sisi lain, faktor gaya hidup juga sangat mendukung yakni gaya hidup seperti merokok, pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, dan kurangnya aktivitas fisik.

Perlu diketahui juga bahwa kanker banyak sekali jenisnya. Kanker dikategorikan berdasarkan organ tubuh yang diserang oleh sel kanker tersebut. Ada pun jenis kanker yaitu kanker otak, kanker payudara, kanker kulit melanoma, kanker serviks, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker lidah, kanker darah, kanker mulut, kanker pankreas dan masih ada 25 jenis kanker lainnya. Begitu banyak organ tubuh yang dapat terjangkit sel kanker, sehingga Anda harus pintar-pintar mengatur gaya hidup.

Meski demikian, tidak cukup banyak yang tahu bahwa kanker dapat diobati dengan memanfaatkan obat herbal. Salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati adalah bawang dayak untuk kanker. Sudah berpuluh tahun bawang dayak banyak dicari karena mengandung zat-zat yang dapat menyembuhkan penyakit baik yang ringan maupun kronis.

Solusi Kanker dengan Obat Herbal

Bawang dayak atau Eleutherine palmifolia merupakan salah satu jenis tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan sejarah masyarakat Kalimantan yang memanfaatkan tanaman ini untuk pengobatan tradisional.

Bawang berlian alias bawang dayak mengandung senyawa naphtoquinonens dan turunannya seperti elecanacine, eleutherine, eleutherol, eleuthernone. Ada pun sederet manfaat naphtoquinones antara lain sebagai antimikroba, antifungal, antivirial dan antiparasitik. Di sisi lain, naphtoquinones memiliki bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan yang biasanya terdapat di dalam sel vakuola dalam bentuk glikosida.

bawang dayak untuk kanker

Hal yang utama, risiko menderita kanker dapat berkurang dengan tercukupnya senyawa antioksidan. Ada pun fungsi senyawa antioksidan adalah menangkap radikal bebas (Prakash, 2001). Sehingga dapat dikatakan Anda bisa mendapatkan senyawa antioksidan dari bawang dayak.

Senyawa antioksidan yang dihasilkan dari tumbuhan seperti vitamin C, vitamin E, karoten. Golongan senyawa fenolat terutama polifenol dan flavonoid diketahui berpotensi mengurangi resiko penyakit degeneratif tersebut (Prakash, 2001; Okawa et al., 2001). Hal ini semakin baik bagi tubuh karena penggunaan antioksidan alami diperoleh dari ekstrak tumbuhan. Antioksidan alami yang terdapat pada tumbuhan antara lain kelompok flavonoid berupa senyawa polifenol.

Tak hanya berdasarkan latar belakang masyarakat Kalimantan yang telah memanfaatkan tanaman ini, namun para pakar profesional pun telah mengakui khasiatnya. Berdasarkan penuturan dokter dan herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dr Prapti Utami, secara empiris banyak tanaman obat seperti bawang berlian Eleutherine palmifolia yang berkhasiat sebagai antikanker. “Biasanya pasien mulai merasakan perubahan setelah konsumsi bawang berlian selama dua minggu,” ujar Prapti.

Khasiat bawang dayak untuk kanker juga dirasakan langsung oleh pasien kanker, yakni ibu Titiek Sri Rahayu. Ibu Titiek menceritakan kisahnya pada majalah Trubus edisi 396 lalu, di mana dia mendapatkan titik terang untuk penyakitnya dengan memanfaatkan tanaman herbal. Tanaman herbal tersebut tak lain adalah bawang dayak.

Manfaat bawang dayak untuk kanker telah diketahui Titiek sejak lama, khususnya ketika saudaranya juga memanfaatkan tanaman itu. Bahkan bawang dayak telah menjadi “pusaka” keluarga. Ada pun saudara Titiek adalah Widodo, yang telah sembuh dari gondok hanya dalam rentang waktu 1,5 bulan. Tak hanya gondok, kanker usus besar yang dialami Effendi Dachlan, kakak ipar yang tinggal di Kudus, sembuh juga berkat khasiat bawang dayak.

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak untuk Kanker

Bagian dari tanaman bawang dayak yang dimanfaatkan adalah umbinya. Umbi berbentuk bulat telur memanjang sebesar beton (biji nangka) itu dicuci. Setelah dicucu, baiknya diiris tipis-tipis agar saat mengkonsumsi tidak terlalu terasa. Anda dapat memakannya bersamaan dengan makanan lain seperti buah agar dapat meminimalisir rasa bawang dayak yang langu dan pahit. Titiek memakannya 3 kali sehari, pagi, siang dan sore sebanyak 1,5-2 umbi. Cara lain mengkonsumsi bawang dayak adalah dengan memotong umbi. Potongan tersebut direbus, sehingga menghasilkan air rebusan yang dapat diminum.

Tutiek hanya perlu mengkonsumsinya selama 2 minggu dengan pola yang rutin. Berkat kegigihannya, khasiat bawang dayak langsung terasa dengan mengecilnya benjolan pada tubuhnya. Benjolan yang semula berukuran 7 cm x 4 cm tinggal sebesar kacang tanah.

Meski demikian, Anda perlu memerhatikan kualitas bawang dayak untuk dijadikan obat herbal. Umbi bawang dayak cukup besar untuk dikonsumsi setelah berumur 5-6 bulan. “Sebaiknya untuk pengobatan umbi dipanen pada akhir pertumbuhan vegetatif,” ujar dr Zainal Gani, pengobat tradisional di Malang. Kondisi itu diartikan tanaman sudah mengeluarkan bunga, tapi masih kuncup.

Ada pun sifat dari bawang dayak adalah dingin sehingga cocok untuk menghilangkan nyeri. Bawang dayak sebagai obat luar cocok untuk mengobati bisul yang bersifat panas. “Kanker mungkin bisa sembuh dengan bawang dayak, sebab bisul juga termasuk tumor. Cuma, respon masing-masing orang terhadap bawang dayak berbeda karena perbedaan metabolisme,” papar Ir Wahyu Suprapto, mantan Kepala Balai Meterian Medika, Malang yang menekuni pengobatan tradisional.

Demikian artikel singkat mengenai Bawang Dayak untuk Kanker, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • bawang dayak untuk tumor
  • apakah bawang dayak bisa sembuhkan kangker kerongkongan
  • testimoni sembuh pnykit dng bwng dayak
  • testimoni kanker darah srmbuh dengan bawang dayak
  • testimoni bawang dayak untuk kanker
  • sembuh kanker berkat bawang
  • latar belakang bawang dayak untuk kanker kulit
  • khasiat bawang dayak untuk tumor
  • ibu penjual obat herbal yg sembuh dari kanker karna bawang dayak
  • bawang dayak terbagi beberapa jenis

Check Also

diet asam urat dan bawang dayak

Diet Asam Urat dan Bawang Dayak, Terapi Terbaik untuk Asam Urat

Penyakit asam urat tidak hanya menjadi penyakit bagi mereka dengan usia 40 tahun ke atas. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.