mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Kanker / Bawang Dayak untuk Kanker Payudara,

Bawang Dayak untuk Kanker Payudara,

bawang dayak untuk kanker payudaraBawang Dayak untuk Kanker Payudara | Prof Dr. Jay R Harris MD, seorang Ahli radiasi kanker di Harvard Medical School, Massachusetts, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa 34 % pasien kanker payudara di negara Paman Sam meninggal setiap tahunnya. Departemen Kesehatan mencatat pada tahun 2008 pasien kanker payudara menempati urutan pertama yang paling banyak dirawat ke rumah sakit di Indonesia pada 2004-2007. Pada tahun 2004 jumlah penderita kanker payudara di Indonesia dari 5207 naik menjadi 8.277 kasus (2007).

Kanker payudara terjadi karena pertumbuhan abnormal sel-sel dalam jaringan payudara. Pemicunya bervariasi. “Genetika, hormon dan radiasi dapat memicu pembelahan sel tidak terkendali yang menyebabkan terjadinya kanker payudara,” kata Dr Putri Halleyana dari Clinic Universitas Padjadjaran. Meskipun mayoritas pasien kanker payudara adalah perempuan, tetapi laki-laki juga tidak dipungkiri bisa mengalami juga penyakit serupa.

Fakta Ilmiah Bawang Dayak untuk Kanker Payudara

Menurut dokter dan herbalis di Tangerang Selatan, Banten, dr Prapti Utami, secara empiris banyak tanaman obat sangat efektif sebagai antikanker. Salah satunya adalah bawang dayak (Eleutherine Americana Merr). “Biasanya, pasien mulai merasakan perubahan setelah memulai konsumsi bawang dayak selama dua minggu,” kata Prapti. Dia meresepkan dua kapsul bawang dayak tiga kali sehari untuk membantu mengatasi kanker payudara.

Selain itu, menurut penelitian Dr. Ivan Hendra Sudarmawan ketika menyelesaikan program spesialis di Fakultas Kedokteran di UNS, Surakarta, telah membuktikan khasiat bawang dayak untuk kanker payudara. Ivan meneliti tentang in vitro ekstrak fraksi etanol, dan fraksi petroleum eter umbi tanaman keluarga Iridaceae itu, yang bisa mengurangi tingkat ekspresi sel kanker payudara. Dia menguji aktivitas antitumor kedua hasil itu yaitu dengan melakukan ekstraksi etanol dan petroleum eter untuk menekan tingkat ekspresi mutan p53 alias protein 53.

P53 adalah sel-sel pelindung dari mutasi genetik yang merusak asam deoksiribonukleat (DNA). Hasil tes menunjukkan bahwa kedua jenis ekstraksi bawang dayak mampu menekan tingkat ekspresi p53 mutan sel kanker payudara T47D. Dengan terjadinya penekanan ekspresi p53 mutan, itu akan mendorong proses apoptosis atau program bunuh diri pada sel kanker. Selain itu juga bisa memberikan kesempatan untuk sel melakukan regenerasi asam deoksiribonukleat menjadi lebih baik.

Hasil tes juga menunjukkan tidak ada perbedaan potensial antara bawang dayak ekstrak fraksi etanol, dengan fraksi petroleum eter untuk menekan ekspresi sel kanker payudara p53 mutan. Ini menunjukkan bahwa hasil kedua ekstraksi tersebut sangat berpotensi sebagai anti kanker yang sangat ampuh karena dapat menyebabkan kematian sel kanker payudara T47D dan MCF7 oleh induksi zat aktif yang terkandung dalam bawang dayak.

Kandungan Antioksidan Bawang Dayak untuk Kanker Payudara

Flavonoid adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam bawang dayak. Senyawa ini dianggap sangat efektif sebagai antioksidan yang bisa menghambat terjadinya gumpalan sel darah. Cara kerjanya adalah dengan merangsang produksi oksida nitrat untuk melebarkan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, flavonoid bertindak sebagai pemberi atom hidrogen pada radikal lipid. Dengan memberikan atom hidrogen, radikal lipid akan menjadi bentuk yang lebih stabil dan tidak mengakibatkan cedera yang lebih serius.

Umumnya, masyarakat banyak memanfaatkan bawang berlian sebagai obat tradisional. Dalam buku “Tumbuhan berguna Indonesia” K Heyne mengutarakan bahwa bawang dayak Eleutherine americana ini sangat baik untuk penghancur kemih, muntah dan pencahar.

Menurut mantan kepala balai Materia MEDIKA, Ir Wahyu Suprapto, yang berfokus pada pengobatan tradisional, bawang dayak juga memiliki fitur unik lainnya untuk mempercepat masaknya bisul. Karena luka bisul yang bersifat panas dapat dinetralkan dengan bawang ini yang bersifat dingin. Inilah yang menjadikan bawang dayak alias bawang berlian memang terbukti memiliki khasiat berlimpah.

Incoming search terms:

  • biogenesis dari bawang dayak

Check Also

Gejala Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes Melitus

Gejala Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes Melitus dan Alternatif Pengobatannya

Gejala Penyakit Kencing Manis | Kencing manis atau yang biasa disebut sebagai penyakit diabetes melitus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.