mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Manfaat Bawang Dayak / Bawang Dayak, Mutiara Borneo Dengan Sejuta Manfaat

Bawang Dayak, Mutiara Borneo Dengan Sejuta Manfaat

bawang dayakBawang dayak adalah tanaman herbal yang mempunyai nama latin Eleutherine Americana Merr. Di beberapa tempat orang mengenalnya dengan nama bawang berlian, bawang tiwai, bawang arab, bawang sabrang atau bawang mekah. Tanaman ini merupakan spesies tanaman berbunga dan berumbi yang banyak ditemukan di Kalimantan. Biasanya tumbuh di daerah pegununggan dengan ketinggian antara 600 – 2000m dpl dengan dukungan PH tanah 6 – 7. Di Kalimantan tumbuhan ini bisa berkembang dengan baik karena memenuhi syarat tersebut.

Sekilas umbi bawang dayak ini mirip sekali dengan bawang merah, Kemiripan terlihat pada bentuk fisik dan warna. Tapi kalau diamati lebih jauh akan terlihat jelas perbedaan keduanya. Bentuk fisik umbi bawang dayak terlihat agak bulat panjang (lonjong) sementara bawang merah cederung bulat. Disamping itu lapisan yang membentuk umbi pada bawang dayak lebih tebal dan keras disbanding bawang merah.

Morfologi Tanaman Bawang Dayak

Perbedaan akan semakin terlihat jika diteliti lebih jauh lagi. Ciri-ciri spesifik tanaman ini yaitu umbi tanamannya bewarna merah, dan jenis daun bersirip ganda serta berbentuk pita yang bergaris-garis. Ketinggian batangnya bisa mencapai 50 cm yang bisa tumbuh tegak atau merunduk. Bunganya pun berupa bunga tunggal bewarna putih yang berada di sela – sela daun paling atas. Kemudian untuk buahnya sendiri bentuknya seperti corong dan ujungnya yang sedikit melekuk dan bila sudah matang buah tersebut akan terbelah menjadi 3 rongga yang didalamnya banyak biji – bijianya. Umbinya sama sekali tidak mengeluarkan bau, inilah yang menjadi ciri utama yang membedakannya dengan bawang merah.

Kandungan yang terdapat pada tanaman tradisional ini diantaranya ada fitokimia sejenis senyawa yang tiap unsurnya mengandung zat – zat seperti glikosida, fenolik, alkaloid, flavanoid dan steroid serta zat tannin. Kandungan tersebut merupakan sumber biofarma potensial yang bisa dikembangkan menjadi salah satu obat herbal mujarab sebagai alternatif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sedangkan zat glikosida dan saponinnya mampu menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh penderita diabetes mellitus. Tak heran bila masyarakat luas di Indonesia menggunakan bawang dayak sebagai obat alternatif untuk pengobatan berbagai macam penyakit..

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung, bahwa pengaruh simplisia pada metabolik dalam bawang dayak ini menunjukan efek positif sebagai obat tradisonal yang ampuh.

Khasiat bawang dayak untuk pengobatan berbagai macam penyakit ini sudah sangat populer dimasyarakat. Sudah banyak bukti empiris mengenai keampuhan bawang ini. Salah satu bukti konkret, sebagaimana dilansir Majalah Trubus, adalah kesaksian seorang ibu bernama Titiek Sri Rahayu (berasal dari Jakarta) yang berhasil sembuh dari kanker payudara setelah rajin mengkonsumsi ekstrak bawang dayak. Padahal sebelumnya dokter sudah menganjurkan untuk segera melakukan operasi pengangkatan payudara, namun ibu Titiek tak patah semangat untuk mencari obat alternatif. Atas anjuran seorang teman, ibu inipun mengkonsumsi bawang dayak 3 kali sehari. Pada akhirnya benjolan yang hampir sebesar kacang tanah itu bisa menyusut demi sedikit dari hari ke hari. Inilah salah satu khasiat yang benar-benar dirasakan oleh seorang ibu penderita kanker payudara.

manfaat bawang dayak untuk kesehatanSebenarnya banyak sekali khasiat bawang dayak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan Agro Media Pustaka sebagai penerbit buku “Bawang Dayak Si Umbi Ajaib” telah mengupas tuntas tentang seluk beluk hingga manfaat dari tumbuhan herbal ini. Menurut buka tersebut, bawang dayak selain menjadi Mutiara Borneo dengan sejuta manfaatnya juga dilengkapi dengan kajian ilmiah, cara penggunaan dan teknik peracikan sebagai pengobatan, hingga ramuan spesifik dalam penyembuhan berbahai jenis penyakit.

Inilah Jenis Penyakit yang Bisa disembuhkan Bawang Dayak

Mag Dayakri melihat apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman herbal ini. Bawang berlian berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, dari ringan smpai berat antara lain:

  1. Diabetes Mellitus
  2. Asam Urat
  3. Hipertensi/Darah Tinggi
  4. Radang Usus
  5. Ginjal
  6. Prostat
  7. Segala jenis Kanker dan Tumor (Kista, Myom, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker Kelenjar Getah Bening, Kanker Paru-Paru, Kanker Usus dll)
  8. TBC
  9. Asma
  10. Migrain
  11. Vertigo
  12. Wasir/Ambeien
  13. Stroke
  14. Kolesterol
  15. Epilepsi
  16. Autisme
  17. Hepatitis
  18. Jantung koroner
  19. Radang Rektum
  20. Peluruh lemak
  21. Bisul
  22. Rematik
  23. Amandel
  24. Maag
  25. Insomnia
  26. Obat muntah
  27. Pencahar
  28. Sakit Pinggang
  29. Gangguan Pencernaan/Lambung
  30. Gondok
  31. Gangguan Seksual/Vitalitas
  32. Keputihan
  33. Pelupa/Menurunnya Fungsi Ingatan
  34. Semua penyakit kronis dan yg berhubungan dengan darah

Dari sekian banyak khasiat bawang dayak ini, para ahli berpendapat bahwa yang paling memberikan pengaruh besar adalah antioksidan yang terkandung dalam umbi bawang ini sehingga mampu mereduksi penyakit-penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu anda bisa mencoba menggunakan bawang dayak sebagai alternatif dalam mengatasi penyakit anda.

Incoming search terms:

  • bawang muti

Check Also

Manfaat Bawang Dayak, Inilah Fakta Menarik yang Harus Diketahui

Manfaat Bawang Dayak, Inilah Fakta Menarik yang Harus Diketahui – Umbi kecil berwarna merah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.