mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Asam Urat / Bawang Berlian Untuk Asam Urat, Bagaimana Cara Mengolahnya?

Bawang Berlian Untuk Asam Urat, Bagaimana Cara Mengolahnya?

Bawang Berlian Untuk Asam UratBawang Berlian Untuk Asam Urat, Bagaimana Cara Mengolahnya? | Pernah mendengar bawang berlian? Atau mungkin Anda memang sudah mengetahui tanaman ini? Nah, asal tahu saja bawang yang juga dikenal dengan nama bawang dayak ini ternyata berkhasiat untuk berbagai jenis penyakit, salah satunya asam urat.

Kandungan senyawa aktif yang ada pada bawang berlian menjadikan tanaman ini mampu untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Lalu bagaimana cara memanfaatkan bawang berlian untuk asam urat? Tenang dulu, sebelum nya kita harus mengenal dulu apa itu asam urat.

Apa Itu Asam Urat ?

Asam urat adalah kondisi yang bisa menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, terjadi pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Biasanya yang paling sering terkena asam urat adalah sendi di jari tangan, lutut, pergelangan kaki hingga jari kaki.

Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan tahun 2013, jumlah penderita asam urat di dominasi oleh laki-laki dengan rentan usia 30-60 tahun. Sedangkan pada perempuan, penyakit ini lebih banyak muncul setelah menopause.

Untuk mengetahui apakah anda menderita asam urat atau tidak, perlu dilakukan sejumlah pemeriksaan yang berupa tes. Tes tersebut meliputi tes darah dan urin. Untuk pemeriksaan urine, sampel diambil dan dikumpulkan selama 24 jam. Sedangkan tes darah, sampel diambil untuk memeriksa kadar asam urat.

Berikut ini kisaran jumlah asam urat normal:

  • Pria : 3.1 – 7 mg/dL
  • Wanita : 2.4 – 6 mg/dL
  • Anak-anak : 2.0 –5.6 mg/dL

Penyebab Asam Surat

Asam urat tinggi disebabkan oleh banyak faktor.Ketidakmampuan organ ginjal untuk menghilangkan asam urat dengan cepat menyebabkan kadar asam urat pada pembuluh darah semakin tinggi. Hal ini menyebabkan resiko timbulnya beberapa penyakit seperti penyakit jantung, penyakit darah tinggi dan penyakit ginjal kronis.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam darah, antara lain:

1. Jenis kelamin

Ternyata laki-laki memiliki resiko yang lebih besar terkena asam urat dibandingkan dengan perempuan. Hal ini bisa terjadi karena wanita memiliki hormon esterogen yang mampu untuk menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangan nya melalui ginjal. Sedangkan kadar asam urat pada pria cenderung meningkat selama masa pubertas.

2. Faktor Usia

Gangguan asam urat sebagian besar terjadi pada orang yang berusia antara 30 hingga 60 tahun. Sedangkan pada perempuan, gangguan ini umum nya terjadi setelah masa menopause. Untuk anak-anak dan remaja gangguan asam urat jarang terjadi.

3. Riwayat Keluarga

Faktor genetik atau keturunan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan asam urat. Jika pada riwayat kesehatan keluarga ada yang pernah menderita penyakit asam urat, maka hal ini bisa diwariskan pada keturunan nya kelak.

4. Konsumi obat-obatan

Beberapa obat-obatan dipercaya bisa menyebabkan resiko gangguan asam urat, diantara nya:

  • Obat-obatan diuretik seperti thiazide, obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, gagal jantung dan kondisi lainnya
  • Mengonsumsi aspirin dengan dosis yang rendah setiap hari, biasanya untuk mencegah serangan jantung maupun stroke.
  • Mengonsumsi obat seperti cyclosporine yang biasanya diminum setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kasus rematologi.
  • Mengkonsumsi levodona yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit parkinson.
  • Mengonsumsi niacin yang biasa digunakan untuk menaikkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

5. Minuman beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol setiap hari dua gelas untuk pria, dan satu gelas untuk wanita bisa meningkatkan potensi resiko terkena asam urat. Alkohol juga menyebabkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

6. Diet

Ternyata diet dapat menyebabkan resiko terkena gangguan asam urat lebih besar. Ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi, seperti jeroan, daging merah, ikan kalengan, teri, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur.

Setelah mengetahui apa itu asam urat dan penyebab nya, selanjunya anda juga harus mengetahui gejala asam urat, agar bisa segera mungkin melakukan pencegahan.

khasiat bawang berlian untuk asam urat

Gejala Asam Urat

Ada tiga gejala yang umun terjadi karena asam urat, berikut ulasan nya:

Gout

Gout terjadi saat kristal asam urat sudah terbentuk dipersendian. Biasa nya terjadi disemua sendi seperti kaki, tumit, pergelangan, lutut dan jari tangan. Gejala yang ditimbulkan berupa rasa nyeri atau sakit yang hebat di bagian sendi meski hanya terkena sedikit sentuhan, terjadi pembengkakan, peradangan dan kulit kemerahan seperti lebam.

Batu Ginjal

Gejala asam urat berikut nya adalah muncul nya batu ginjal, ini yang paling ditakuti. Sebaik nya hindari atau mengurangi makanan yang mengandung purinsebagai penyebab terbesar asam urat.

Gagal Ginjal

Penyakit ginjal mengindikasikan terjadi nya peningkatan terhadap asam urat tinggi di dalam darah yang disebut hiperurisemia. Jika anda menderita penyakit seperti ini maka anda juga terindikasi menderita asam urat.

Cara Penyajian Bawang Berlian Untuk Asam Urat

Diantara berbagai pilihan obat herbal, bawang berlian adalah obat alternatif yang sangat ampuh untuk mengobati asam urat tanpa efek samping. Bawang berlian memiliki kandungan zat yang baik bagi tubuh seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, tanin dan alisin.

Senyawa aktif tersebut berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengencerkan timbunan asam urat pada tubuh.Tanaman alami ini kerap dijadikan obat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan termasuk asam urat. Lalu bagaimana cara membuat ramuan bawang berlian untuk asam urat?.

Berikut ini cara membuat ramuan herbal bawang berlian untuk asam urat yang praktis dan mudah :

  • Pertama siapkan 5 sampai 6 siung bawang berlian segar.
  • Cuci hingga bersih, lalu di iris tipis tipis.
  • Masak 2 liter air hingga mendidih lalu masukkan irisan bawang tadi.
  • Masak sampai air tersisa setengah panci, lalu saring ampas bawang berlian.
  • Minum ramuan tersebut sehari dua gelas setiap hari.
  • Untuk penderita penyakit maag, sebelum minum ramuan disarankan untuk makan terlebih dahulu.

Agar terapi pengobatan berjalan dengan baik dan kesembuhan segera dicapai, anda juga harus menghindari makanan pemicu asam urat, yaitu makanan yang mengandung banyak zat purin seperti kembang kol, makanan laut dan daging merah. Minuman yang beralkohol serta rokok juga harus dihindari.

Menjalani hidup sehat seperti rajin berolahraga, banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari, makan makanan sehat, mengurangi konsumsi gula atau makanan yang manis, banyak mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan serat merupakan cara yang terbaik untuk mencegah terkena asam urat.

Menggunakan bawang berlian untuk asam urat menjadi pilihan bijak ketika memilih pengobatan secara tradisional. Selain aman pengobatan dengan ramuan herbal tidak ada efek samping yang ditimbulkan.Pepatah mengatakan “ mencegah lebih baik dari pada mengobati” untuk itu jagalah kesehatan dengan baik.

Incoming search terms:

  • testimoni asam urat/alicin bawang dayak
  • khasiat bawang dayak untuk tulang dan cara pengolahannya
  • bawang bawangan merah cara mengolah nya untuk obat asam urat
  • cara membuat ramuan brambang dayak yntuk penyakit asam urat
  • cara menggunakan bawang dayak utk asam urat
  • khasiat bawang berlian untuk obat asam urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.