mobile coupons amazon offers today

offers shopclues coupon today

coupons flipkart mobile offer

coupons myntra sale

Home / Khasiat Bawang Dayak / Diabetes Melitus / Bawang Berlian Obat Diabetes Herbal Yang Paling Ampuh

Bawang Berlian Obat Diabetes Herbal Yang Paling Ampuh

Bawang Berlian Obat Diabetes Herbal Yang Paling AmpuhBawang Berlian Obat Diabetes Herbal Yang Paling Ampuh | Tanaman herba yang satu ini memiliki kandungan senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan, antikanker, antiperadangan dan antipendarahan. Sehingga dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit.Bahkan dipercaya bawang berlian obat diabetes yang paling ampuh.

Menurut Sample Registration Survey 2015, Diabetes adalah penyakit pembunuh nomor tiga di Indonesia. Diabetes dengan komplikasi adalah penyebab kematian terbesar di negara kita. Tapi banyak yang tidak menyadari akan bahaya penyakit ini, atau mungkin memang belum banyak orang yang mengerti tentang diabetes.

Apa itu Diabetes?

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak lagi dapat menghasilkan insulin (sel pengatur gula darah) atau insulin yang diproduksi tidak mencukupi dan tidak bekerja dengan baik.Sehingga menyebabkan kadar gula (glukosa) dalam darah tinggi atau naik.

Berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF) jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 11 juta orang dan menempati urutan ketujuh di dunia. Sedangkan prevalensi orang yang menderita diabetes di Indonesia cenderung naik, yaitu 5.7 % di tahun 2007 menjadi 6.9 % di tahun 2013. Dikutip dari data yang dirilis KemenKes dua per tiga diabetesi tidak sadar diri nya menderita diabetes.

Ada 2 tipe utama dalam Diabetes, yaitu:

1. Diabetes tipe 1

Suatu kondisi dimana tubuh sudah sama sekali tidak bisa memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan bantuan suntikan insulin untuk mengatur kadar gula darah nya. Sebagian besar penderita nya adalah anak-anak dan remaja.

2. Diabetes tipe 2

Pada kondisi ini tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau insulin tidak bisa digunakan dengan tepat (resistensi insulin). Jenis ini adalah yang paling banyak diderita saat ini mencapai 90% lebih. Penderita biasa nya usia 40 tahun ke atas, memiliki postur gemuk dan ada riwayat diabetes dalam keluarga nya.

Gejala Diabetes

Bagaimana cara mengetahui seseorang menderita diabetes atau tidak? Untuk mengetahui nya cukup mudah. Seseorang yang menderita diabetes sering menunjukan gejala gejala sebagai berikut:

  • Mudah haus dan banyak minum
  • Sering merasa lapar dan banyak makan
  • Sering buang air kecil
  • Berat badan menurun
  • Luka akibat goresan atau berdarah lama sembuh nya
  • Penglihatan menurun
  • Mudah terkena infeksi pada kulit (gatal-gatal), gusi dan saluran kencing.
  • Sering merasa nyeri atau kram pada kaki dan tangan
  • Badan rasa nya lemah, letih, lesu.
  • Mudah mengantuk

Tanda atau gejala di atas umum di jumpai pada orang yang menderita diabetes, namun pada beberapa kasus tidak ditemui gejala seperti di atas. Untuk memastikan nya perlu melakukan pemeriksaan darah di laboratorium.

Manfaat Bawang Berlian Obat Diabetes

Bawang berlian obat diabetes herbal yang paling ampuh untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan alami. Memang sudah dibuktikan secara empiris dan ilmiah. Baik oleh masyarakat Dayak sendiri maupun oleh para peneliti dari universitas ternama di tanah air maupun luar negeri.

Umbi merah yang memiliki nama latin Eleutherine Americana, juga dikenal dengan berbagai sebutan, bawang berlian, bawang dayak, bawang tiwai dan bawang sabrang. Bawang asal Kalimantan ini berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian Tomohiro Ieyama, Jun Kawabata dan Maria Gunawan Putri, dari Division of Biosdience, Graduete School of Agriculture Hokkaido University, Jepang. Menyatakan bawang berlian sangat berkhasiat untuk mengobati diabetes.

Ketiga periset dari Jepang ini, sukses mengisolasi 3 senyawa aktif yang ada di bawang berlian, antara lain Eleutherol, Eleutherinoside A dan Eleuthoside B memakai teknik kromatografi.

Diantara ketiga senyawa aktif tersebut yang memiliki peran paling tinggi untuk menghambat Alpha-Glucosidase adalah Eleutherinoside A dengan kandungan 5 mg/50 gram atau senilai dengan IC50 sebesar 0.5 mm.

Berperan sebagai pemecah pati dan disakarida menjadi zat glukosa, Alpha-Glucosidase berada di permukaan membran sel usus. Dengan terhambatnya kinerja Alpha-Glucosidase, maka penyerapan glukosa juga terhambat sehingga kadar gula darah pun bisa berkurang dan dapat dikontrol.

Lengkapnya Senyawa aktif yang ada pada bawang berlian menjadikan tanaman herbal ini memiliki banyak khasiat. Senyawa tersebut diantaranya, alkaloid, glikosida, steroid, flavonoid, tanin dan saponin. Senyawa flavonoid sendiri berperan sebagai antikanker, antiviral dan antiinflamasi sehingga mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Kekuatan kinerja antioksidan pada flavonoid tergantung dari jumlah dan posisi dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Semakin banyak gugus OH maka kinerja antiradikalnya juga semakin tinggi.

Fakultas Farmasi ITB Bandung telah melakukan beberapa penelitan dan pengujian untuk membuktikan khasiat dari bawang berlian ini. Dengan mengkaji pengaruh dari pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama dari bawang berlian.

Untuk mendapatkan efek yang maksimal, gunakan bawang berlian yang masih segar atau yang sudah dikeringkan, terutama saat pertumbuhannya telah mencapai puncak vegetatif, yaitu saat kuncup bunga baru muncul.

Cara Mengolah Bawang Berlian Sebagai Obat Diabetes

Pada bawang berlian terdapat kandungan fotokimia seperti alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik dan zat tanin yang merupakan sumber dari biofarmaka potensial. Alkaloid merupakan bahan organik yang memiliki kandungan nitrogen yang merupakanbagian dari heterosiklik.

Senyawa aktif seperti Alkaloid, flavanoid, glikosida dan saponin memiliki kemampuan hipoglikemik atau penurun kadar glukosa pada darah yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit diabetes melitus. Alkaloid bahkan bisa berfungsi sebagai antimikroba.

Prof Dr Sidik Apt, guru besar dari emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, mengatakan bahwa bawang berlian memiliki kandungan senyawa aktif Alisin. Senyawa ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan kekentalan darah, sehingga cocok untuk pengobatan diabetes.

Bawang Berlian berupa minuman

Bawang berlian obat diabetes yang mujarab kerap dipakai sebagai obat herbal berbagai penyakit. Pada tanaman ini terkandung zat antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralkan radikal bebas. Sedangkan antosianin memiliki sifat yang mudah larut dan terurai dalam air.

Untuk mendapatkan hasil atau manfaat yang maksimal bawang berlian sebaiknya digunakan sebagai minuman. Cara membuatnya juga cukup mudah, siapkan 30 gram bawang berlian, dicuci bersih lalu di iris tipis dengan ketebalan 1-2 mm. Irisan bawang tersebut lalu diseduh dengan segelas air panas, atau memasaknya dengan api kecil tapi tidak sampai mendidih.

Senyawa aktif pada bawang berlian sangat mudah sekali rusak jika terkena suhu panas melebehi 90 derajat celcius.

Bawang berlian berupa serbuk

Pengolahan bawang berlian untuk obat diabetes juga bisa dalam bentuk serbuk. Dengan mengubah nya menjadi serbuk, senyawa aktif yang ada dalam bawang tidak akan berubah.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 5 – 6 siung bawang berlian segar, lalu cuci hingga bersih dan di iris tipis 3 mm, kemudian dikeringkan. Pengeringan bisa menggunakan oven dengan suhu tidak boleh melebihi 40 derajat celcius sampai kadar air nya berkurang 10%.

Bisa juga dikeringkan dengan cara dijemur hanya saja jangan sampai kontak langsung dengan sinar matahari dengan suhu 28 – 30 derajat celcius, selama 2 hari. Lalu giling irisan kering tadi menjadi serbuk dan simpan dalam wadah kedap udara.

Bawang berlian obat diabetes herbal yang bisa menjadi alternatif pengobatan modern, karena sudah terbukti secara empiris dan ilmiah.

Incoming search terms:

  • apakah kalau minum serbuk bawang dayak harus hentikan suntikan insulin?

Check Also

khasiat bawang dayak

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat bawang dayak memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya sudah banyak penelitian yang menunjukkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.